Selasa, 18 Januari 2011

Rpp PAI SD Kelas II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    1
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    1. Menghafal Al Qur’an
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    1.1 Mengenal huruf hijaiyah
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Melafalkan huruf hijaiyah dengan mahraj yang benar
                                                                -   Hafal huruf hijaiyah dengan lancar
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menghafal Al Qur’an
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Huruf Hijaiyah
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Bermain peran
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama menyanyikan lagu
                                            Di sini Iqra’ Di sana Iqra’ dimana-mana bacalah Iqra’, Di rumah baca, Di sekolah baca, Di rumah baca di mana-mana bacalah Iqra
                                            ...............................................................................................................
                                            ................................................................................................................

      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku, guru menjelaskan huruf demi huruf siswa menirukan dengan bacaan dan mahraj yang benar.
                                           -    Siswa dibagi menjadi 4 kelompok, kel. I-IV berulang-ulang melafalkan huruf hijaiyah dengan bimbingan guru secara bergantian.
                                           -    Guru menyiapkan huruf hijaiyah satu persatu di tempel pada karton.
                                           -    Siswa maju satu persatu mengambil satu huruf hijaiyah
                                           -    Guru menyuruh siswa maju ke depan dengan membawa karton tadi kemudian berdiri sesuai dengan urutan huruf hijaiyah.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru melafalkan huruf hijaiyah, siswa yang membawa hurufnya maju ke depan, sehingga siswa mengenal dan hafal.




V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes lisan, Tes Perbuatan

                                                                                                Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    2
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    1. Menghafal Al Qur’an
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    1.2 Mengenal tanda baca (harakat)
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Menyebutkan macam-macam tanda baca Al Qur’an
                                                                -   Menulis tanda baca Al Qur’an
                                                                -   Melafalkan tanda baca Al Qur’an
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menghafal Al Qur’an
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Macam -macam tanda baca/Harakat
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi  
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama menghafalkan huruf hijaiyah dengan bacaan dan mahraj yang benar serta lancar.
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku, guru melafalkan tanda baca satu demi satu siswa menirukan.
                                          -    Siswa dibagi menjadi 6 kelompok.
                                               Kel. I melafalkan huruf hijaiyah bertanda baca fathah dengan bimbingan guru
                                               Kel. II melafalkan huruf hijaiyah bertanda baca kasrah
                                               Kel. III melafalkan huruf hijaiyah bertanda baca dhamah
                                               Kel. IV melafalkan huruf hijaiyah bertanda baca fathahtain
                                               Kel. V melafalkan huruf hijaiyah bertanda baca kasrahtain
                                               Kel. VI melafalkan huruf hijaiyah bertanda baca dhamatain
                                          -    Setelah selesai tugas  melafalkan bergantian, sehingga semua siswa mengenal dan lancar membaca huruf hijaiyah bertanda baca.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa bersama-sama melafalkan 6 macam tanda baca.





V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes lisan, Tes Sikap

                                                                                   
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    3
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    1. Menghafal Al Qur’an
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    1.1,  1.2 Huruf hijaiyah dan tanda baca
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Menjawab soal Evaluasi
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Siswa menguasai bahan pelajaran yang diberikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Huruf hijaiyah dan tanda baca
III.                                                      Metode Pembelajaran  :          
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru menjelaskan cara mengerjakan soal
      b. Kegiatan Inti      :    Siswa menjawab soal Evaluasi
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru mengadakan pembahasan, kemudian memberi nilai dan mengadakan perbaikan dan pengayaan.
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
.
VI. Evaluasi                                       :    Tes lisan, Tes Perbuatan
                                                               
                                                                                             Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI


              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                     


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    4
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    2.  Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    2.1 Menyebutkan 5 Asmaul Husna
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                - Menyebutkan 5 Asmaul Husna
                                                                - Hafal 5 Asmaul Husna
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa melafalkan Asmaul Husna
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    5 Asmaul Husna (Ar Rohman, Ar Rohim, Al Ahad, Al Malik, Ash Shomad)
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Pengamatan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
a. Kegiatan Awal   :    -    Siswa bersama-sama melafalkan surat Al Fatihah dan Al Ikhlas yang di dalam surat tersebut ada beberapa Asmaul Husna.
                                          -    Siswa mencari lima Asmaul     husna dalam surat Al Fatihah dan surat Al Ikhlas
      b. Kegiatan Inti      :    -    Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan panca indera pada tubuhnya dan menyebutkan gunanya.
                                          -    Siswa mengamati gambar pada buku, guru menjelaskan tentang Ar Rahman
                                          -    Siswa mengamati gambar pada buku hal, guru menjelaskan tentang Ar Rahim.
                                          -    Siswa melafalkan surat Al Ikhlas: 1, beserta artinya, guru menjelaskan Al Ahad.
                                          -    Siswa mengamati gambar pada buku hal, guru menjelaskan tentang Al Malik.
                                          -    Siswa melafalkan surat Al Ikhlas: 2 beserta artinya, serta mengamati gambar pada guru menjelaskan  tentang As Samad.        
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa bersama-sama menghafalkan 5 Asmaul Husna.





V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes lisan, Tes Perbuatan

                                                                                   
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    5
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    2.  Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    2.2 Mengartikan 5 Asmaul Husna
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                             - Mampu menyebutkan arti lima Asmaul Husna
                                                                - Meyakini 5 Asmaul Husna  sebagai bukti sifat kesempurnaan Allah
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa melafalkan Asmaul Husna
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Arti lima Asmaul Husna
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Hafalan, Demonstasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Bersama-sama menghafalkan 5 Asmaul Husna.
      b. Kegiatan Inti      :    -    Guru melafalkan 5 Asmaul Husna beserta artinya, siswa menirukan secara berulang-ulang sampai hafal.
                                          -    Siswa dibagi menjadi 10 kelompok
                                               Kel. I melafalkan Ar Rahman Kel. II mengartikan
                                               Kel. III melafalkan Ar Rahim, Kel. IV mengartikan
                                               Kel. V melafalkan Al Ahad, Kel. VI mengartikan,
                                               Kel. VII melafalkan Al Malik, Kel. VII mengartikan
                                               Kel. IX melafalkan As Samad, Kel. X mengartikan
                                          -    Setelah selesai, tugas bergantian sampai semua siswa hafal 5 Asmaul Husna beserta artinya.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Beberapa siswa maju satu persatu menghafalkan 5 Asmaul Husna beserta artinya
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes lisan, Tes Perbuatan




                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                                                       






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    6
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    2.  Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    2.1, 2.2  Asmaul Husna dan Artinya
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                - Menjawab soal Evaluasi
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Siswa menguasai bahan pelajaran yang diberikan
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    5 Asmaul Husna beserta artinya
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Hafalan, Demonstasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru menjelaskan cara mengerjakan soal
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa menjawab soal Evaluasi
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru mengadakan pembahasan, kemudian memberi nilai dan mengadakan perbaikan dan pengayaan.
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Tulisan

                                                                                                               
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    7
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    3.  Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Menyebutkan contoh perilaku rendah hati
                                                                -   Menampilkan perilaku rendah hati
                                                                -   Menyebutkan keuntungan perilaku rendah hati
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa berpenampilan rendah hati
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Rendah hati
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Pengamatan, Demonstasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama menyanyikan lagu
                                          Bukan yang congkak, Bukan yang sombong, Yang disayangi handai dan tolan, Hanya anak yang tak pernah bohong, Rajin bekerja, peramah dan sopan.
      b. Kegiatan Inti      :    -    Guru menjelaskan tentang perilaku rendah hati, dan keuntungan bagi yang memiliki siswa memperhatikan
                                          -    Siswa membuka buka  dan memperhatikan gambar yang ada.
                                          -    Beberapa siswa maju ke depan menceritakan makna dari gambar tersebut.
                                          -    Beberapa siswa mendemonstrasikan contoh perilaku rendah hati di depan kelas, guru mengarahkan
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Beberapa siswa  maju ke depan membaca keuntungan bersikap rendah hati, siswa yang lain menirukan.
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan




                                                                                                               
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    8
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    3.  Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    3.2  Menampilkan perilaku sederhana
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Menyebutkan contoh perilaku sederhana
                                                                -   Menampilkan perilaku sederhana
      -  Menyebutkan keuntungan orang yang memiliki perilaku hidup sederhana
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa berpenampilan sederhana
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Perilaku hidup sederhana dan keuntungan memilikinya
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama menyanyikan lagu
                                          Bukan yang congkak, Bukan yang sombong, Yang disayangi handai dan tolan, Hanya anak yang tak pernah bohong, Rajin bekerja, peramah dan sopan.
      b. Kegiatan Inti      :    -    Guru menjelaskan tentang perilaku hidup sederhana, dan keuntungan bagi yang memilikinya, siswa memperhatikan
                                          -    Guru mengadakan tanya jawab tentang Tata Tertib sekolah, siswa aktif menjawab
                                          -    Siswa maju satu persatu melaporkan tentang jumlah uang saku dan penggunaannya, guru memberi  komentar.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa bersama-sama menghafalkan janji murid.
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan
                                                          




       
                                                                                             Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                     


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    9
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    3.  Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Menyebutkan alat bersuci
                                                                -   Mencuci kotoran dengan sempurna
                                                                -   Hafal doa masuk dan keluar WC.
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa melakukan adab buang air besar atau kecil dengan benar
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Adab buang air
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Hafalan, Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Tanya jawab tentang:
                                          Siapa yang sudah mandiri ketika buang air besar dan kecil
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku
                                          -    Guru melafalkan doa masuk dan keluar WC, siswa menirukan berulang-ulang dengan bacaan dan mahraj yang benar dan lancar
                                          -    Setiap 4 anak maju ke depan kelas mendemonstrasikan hafal doa masuk dan keluar WC
                                          -    Guru menekankan agar siswa selalu menjaga kebersihan
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Ketua kelas membaca adab buang air, siswa yang lain menirukan
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan
                                                                Tes Perbuatan

                                                                                             Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI


              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                     


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    4
Minggu ke                                          :    10
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    3.  Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    3.1, 3.2, 3.3 (Rendah hati, sederhana, adab buang air besar dan kecil)
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Menjawab soal evaluasi
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Siswa menguasai bahan pelajaran yang sudah diberikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Perilaku terpuji
III.                                                      Metode Pembelajaran  :          
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru menjelaskan cara menjawab soal
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa menjawab soal Evaluasi
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru mengadakan pembahasan, kemudian memberi nilai dan mengadakan perbaikan dan pengayaan.
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Tulisan

                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI


              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027

                                                                                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    11
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    4. Mengenal tata cara Wudlu
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    4.1 Membiasakan Wudlu dengan tertib
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Melafalkan niat Wudlu
                                                                -   Menyebutkan cara berwudlu yang benar
                                                                -   Mempraktikkan cara wudlu yang benar
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa wudlunya dengan tertib
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Tata cara wudlu dan praktek berwudlu
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Praktek, Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa menyanyikan tepuk Wudlu
                                          -     Baca bismillah cuci tanganku
                                          -     Kumur-kumur basuh hidung basuh muka
                                          -     Cuci tangan sampai siku, kepala dan telinga
                                          -     Tak lupa cuci kaki dan berdoa
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku,  kemudian mengamati gambar, guru menjelaskan.
                                          -    Guru memberi contoh cara wudhu yang benar, siswa memperhatikan.
                                          -    Siswa diajak ke tempat wudlu untuk mempraktikkan satu persatu dengan pengarahan guru.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa mendemonstrasikan tepuk wudlu
                                                  Baca Bismillah cuci tanganmu
                                                  Kumur-kumur basuh hidung basuh muka
                                                  Cuci tangan sampai siku kepala dan telinga
                                                  Tak lupa cuci kaki dan berdoa






V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan
                                                                Tes Perbuatan

                                                                                                               
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    12
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    4. Mengenal tata cara Wudlu
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    4.2  Membaca doa setelah berwudlu
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -   Melafalkan doa setelah wudlu
                                                                -   Hafal doa setelah wudlu dengan benar dan lancar
                                                                -   Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah wudlu
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa mengamalkan doa setelah wudlu
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Doa setelah wudlu
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa melafalkan bacaan Syahadatain dengan bacaan dan mahraj yang benar dan lancar
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku,  melafalkan doa sesudah wudhu ditirukan semua siswa secara berulang-ulang dengan bacaan dan mahraj yang benar
                                          -    Setiap 4 siswa maju ke depan kelas mendemonstrasikan hafal doa sesudah wudhu, dengan bimbingan guru
                                          -    Guru menjelaskan rukun dan sunah wudhu
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa maju satu persatu menghafal doa sesudah wudhu
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan    

                                                                                             Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI


              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                     


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    13
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    4. Mengenal tata cara Wudhu
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    4.1, 4.2  (Wudhu dan doa setelah Wudhu)
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                Menjawab soal evaluasi
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Siswa menguasai bahan pelajaran yang sudah diberikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Tata cara wudhu
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru menjelaskan cara menjawab soal
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa menjawab soal evaluasi
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru mengadakan pembahasan, kemudian memberi nilai dan mengadakan perbaikan dan pengayaan
V.  Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Tulisan


                                                                                             Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                     



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    14
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    5. Menghafal bacaan Salat
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    5.1 Melafalkan bacaan Salat
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                             - Melafalkan niat salat
                                                                - Melafalkan bacaan salat (doa iftitah)
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa mengamalkan ibadah salat
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Bacaan salat
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi, Hafalan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama melafalkan surat Al Fatihah dan surat Al Kautsar
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku
                                          -    Guru melafalkan doa iftitah kata demi kata siswa menirukan dengan bacaan dan mahraj yang benar secara berulang-ulang.
                                          -    Siswa dibagi menjadi 3 kelompok
                                               Kel. I menghafalkan doa iftitah ayat 1
                                               Kel. II menghafalkan doa iftitah ayat 2
                                               Kel. III menghafalkan doa iftitah ayat 3
                                          -    Setelah hafal maka tugasnya bergantian sehingga kelompok I – III hafal doa iftitah I - III
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa yang sudah hafal maju ke depan kelas mendemonstrasikan bacaan iftitah
                                          - Guru memberi tugas kepada siswa untuk menghafalkan soa iftitah
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Lisan, Sikap
                                                                                             Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI


              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                     


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    15
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    5. Melafalkan bacaan Salat
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    5.2 Menghafal bacaan Salat
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                - Hafal bacaan salat
                                                                - Mempraktikkan bacaan salat
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa mengamalkan ibadah salat
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Hafalan Bacaan salat
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Hafalan, Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama mendemonstrasikan doa iftitah dengan bacaan dan mahraj yang benar
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku  
                                          -    Guru melafalkan doa rukuk, iktidal dan sujud, siswa menirukan
                                          -    Beberapa siswa yang hafal dipersilahkan maju ke depan untuk mendemonstrasikan
                                          -    Siswa membuka, kemudian guru melafalkan doa duduk di antara dua sujud dan doa Tasyahud awal, kemudian siswa menyimaknya
                                          -    Siswa bersama-sama membaca doa duduk di antara dua sujud dan doa Tasyahud awal, dengan bimbingan guru.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa bersama-sama melafalkan doa iftitah, rukuk, iktidal dan sujud,  duduk di antara dua sujud, dan tasyahud awal.
                                          -    Guru memberi tugas kepada siswa untuk menghafalkan doa-doa tersebut
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                    :       Tes Tulisan
                                                                                                               





                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 1
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    16
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    5. Melafalkan bacaan Salat
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    5.1, 5.2 Melafalkan dan hafal bacaan Salat
Indikator                                            :   
                                                            
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Menguasai bahan pelajaran yang telah diberikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Bacaan salat
III.                                                      Metode Pembelajaran  :          
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama melafalkan doa iftitah, rukuk, iktidal dan sujud,  duduk di antara dua sujud, dan tasyahud awal.
  b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa maju pertiga orang secara bergantian untuk mempraktikkan doa iftitah, rukuk, iktidal dan sujud,  duduk di antara dua sujud, dan tasyahud awal dalam gerakan salat.
                                          -    Siswa yang lain disuruh untuk mengerjakan soal Evaluasi
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Pembahasan soal evaluasi.
                                          -    Perbaikan dan pengayaan.
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Tulisan


                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    1
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    6.1 Membaca huruf hijaiyah bersambung
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Melafalkan huruf bersambung di awal, tengah, akhir
                                                                  -  Membaca huruf Hijaiyah bersambung dengan lancar
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa membaca Al Qur’an
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Huruf Hijaiyah bersambung
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Pengamatan, Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa menyanyikan lagu:
                                          Di sini Iqra’ di sana Iqra’, di mana-mana bacalah Iqra’
                                          Di rumah baca, di sekolah baca, di mana-mana bacalah Iqra’
                                          .................................................................................................................
                                          ................................................................................................................
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka  buku paket
                                          -    Siswa dibagi menjadi 13 kelompok
                                              
                                          -    Siswa yang lain menyimak.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa bersama-sama membaca surat Al Ikhlas dan Al Lahab
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan
                                                                Tes Perbuatan
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027

                                                                                                               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    2
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    6.2 Menulis huruf hijaiyah bersambung
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menulis ayat-ayat Al Qur’an permulaan
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menulis huruf Al Qur’an
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Menulis Huruf Hijaiyah
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi, Pengamatan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa membuka buku
                                          Untuk mengamati cara menulis huruf hijaiyah bersambung
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa dibagi menjadi 3 kelompok
                                               Kel. I menulis huruf hijaiyah sambung di awal
                                               Kel. II menulis huruf hijaiyah sambung di tengah
                                               Kel. III menulis huruf hijaiyah sambung di akhir
                                          -    Guru memberi bimbingan kepada siswa yang kurang mampu menulis.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Beberapa siswa maju ke depan kelas menulis di papan tulis huruf hijaiyah bersambung
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes Tulisan
                                                                                                Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027

                                                                                                               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    3
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    6.1,6.2 Membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menjawab soal Evaluasi
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Siswa menguasai bahan pelajaran yang sudah disampaikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Huruf Hijaiyah
III.                                                      Metode Pembelajaran  :          
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru menjelaskan cara mengerjakan soal
      b. Kegiatan Inti      :    -    Satu persatu siswa membaca huruf hijaiyah bersambung
                                          -    Siswa yang lain menjawab soal evaluasi
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru membahas, menilai, mengadakan perbaikan dan pengayaan
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes lisan, tertulis


                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027



                                                                                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    8
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    7.1 Menyebukan 5 dari Asmaul Husna
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menyebutkan 5 Asmaul Husna
                                                                -   Hafal Asmaul Husna
                                                                -   Membiasakan menyebut Asmaul Husna
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menyebut Asmaul Husna
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    5 Asmaul Husna
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama mendemonstrasikan hafal 5 Asmaul Husna yang sudah dipelajari pada semester I
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa membuka buku paket
                                          -    Siswa dibagi menjadi 5 kelompok
                                               Kel. I melafalkan As Salam dan bacaan Salam
                                               Kel. II melafalkan Al Gaffar dan bacaan Istighfar
                                               Kel. III melafalkan Ar Razaq dan doa sebelum makan
                                               Kel. IV melafalkan As Sami’ dan doa iktidal
                                               Kel. V melafalkan Al Basir dan doa untuk orang tua
                                          -    Setelah selesai maka tugasnya bergantian sehingga semua siswa hafal 5 Asmaul Husna.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Beberapa siswa maju ke depan kelas mendemonstrasikan hafal 5 Asmaul Husna
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan, Pembiasaan




                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027






























                                                               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    9
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    7.2 Mengartikan 5 dari Asmaul Husna
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menyebutkan arti 5 Asmaul Husna
                                                                -   Membiasakan membaca Asmaul Husna beserta artinya
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa membaca Asmaul Husna beserta artinya
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    5 Asmaul Husna
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama mendemonstrasikan hafal 5 Asmaul Husna
                                          As Salam, Al Gaffar, Ar Razaqm As Sami’, Al Basir
      b. Kegiatan Inti      :    -    Guru melafalkan 5 Asmaul Husna  beserta artinya, siswa menirukan secara berulang-ulang sampai hafal.
                                          -    Siswa dibagi menjadi 10 kelompok
                                               Kel. I melafalkan As Salam, Kel. II mengartikan
                                               Kel. III melafalkan Al Gaffar, Kel. IV mengartikan
                                                Kel. V melafalkan Ar Razaq, Kel. VI mengartikan
                                               Kel. VII melafalkan As Sami’, Kel. VIII mengartikan
                                               Kel. IX melafalkan Al Basir, Kel. X mengartikan
                                          -    Setelah selesai, tugasnya bergantian sampai semua siswa hafal 5 Asmaul Husna.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Beberapa siswa maju satu persatu menghafalkan 5 Asmaul Husna beserta artinya.
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI


              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027       
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    10
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    7.1, 7.2 Menyebutkan dan mengartikan 5 Asmaul Husna
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menjawab soal evaluasi
I.   Tujuan Pembelajaran                    :    Siswa menguasai pelajaran yang telah disampaikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    5 Asmaul Husna  dan artinya
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru menjelaskan cara mengerjakan soal
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa menjawab soal Evaluasi
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru mengadakan pembahasan soal, menilai, memberikan perbaikan dan pengayaan
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Tulisan

                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027


                                                                                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    11
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    8.1 Mencontoh perilaku hormat dan santun kepada guru
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Memperagakan perilaku hormat dan santun
                                                                -   Menyebutkan contoh perilaku hormat dan santun kepada guru
                                                                -   Berperilaku hormat dan santun kepada guru
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa berperilaku terpuji
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Perilaku hormat dan santun kepada guru
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Bermain peran, demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa diajak menyanyikan lagu
                                          Kita bisa menulis dan membaca, karena siapa kita jadi tahu beraneka bidang ilmu dari siapa
                                          Kita jadi pandai dibimbing bu guru
                                          Kita jadi pandai dibimbing pak guru
                                          Guru bak pelita penerang dalam gulita
                                          Jasamu tiada tara
      b. Kegiatan Inti      :    -    Guru bertanya jawab tentang siapa orang tua di sekolah, apa kewajiban siswa terhadap guru
                                          -    Guru dan siswa mendemonstrasikan adab terhadap guru
                                               + Guru masuk ruang kelas, siswa berdiri memberi salam, guru menjawab
                                                        + Siswa duduk rapi memperhatikan guru
                                       + Siswa memperagakan siswa yang terlambat masuk, kemudian minta ijin dan minta maaf atas keterlambatannya.
                                                        +  Siswa memperagakan ijin akan buang air
                                                        +  Siswa berjabat tangan ketika datang dan pulang sekolah
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru mengamati gambar yang ada, kemudian memberi tanggapan pada gambar di atas.
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan
                                                                Tes Perbuatan


                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027

                                                                                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    12
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    8.2 Menampilkan perilaku sopan santun kepada tetangga
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menyebutkan contoh perilaku sopan santun
                                                                -   Memerankan perilaku sopan santun kepada tetangga
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa berperilaku terpuji
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Perilaku sopan santun kepada tetangga
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Bermain peran, demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Tanya jawab alamat masing-masing siswa
      b. Kegiatan Inti      :    -    Guru menjelaskan tentang definisi tetangga atau tata cara bertetangga.
                                          -    Siswa membuka buku, salah satu siswa membaca adab terhadap tetangga, siswa yang lain menirukan
                                          -    Beberapa siswa memperagakan berjalan di depan orang-orang yang baru duduk
                                          -    Siswa mengangguk sewaktu ketemu tetangga di jalan.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa ke depan menyebutkan nama-nama tetangga dekat
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Sikap, Perbuatan
                                                          
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    13
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    8.1, 8.2 Hormat dan santun kepada guru dan tetangga
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menjawab soal evaluasi
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Siswa menguasai pelajaran yang sudah diberikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Hormat dan santun
III.                                                      Metode Pembelajaran  :          
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru mejelaskan cara mengerjakan soal
      b. Kegiatan Inti      :    Siswa menjawab soal evaluasi      c. Kegiatan Akhir        :           -           Guru mengadakan pembahasan, menilai, mengadakan perbaikan dan pengayaan
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes tertulis

                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027

                                                                                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    14
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    9.1 Mencontoh gerakan salat
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menyebutkan urutan gerakan salat
                                                                -   Menirukan gerakan salat yang dicontohkan guru
                                                                -   Mendemonstrasikan gerakan takbiratul ihram sampai gerakan salam
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menjalankan salat 5 kali
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Gerakan salat
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi, Pengamatan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa bersama-sama menghafalkan 5 macam salat wajib beserta jumlah rakaatnya.
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa mengamati gambar gerakan salat, guru menjelaskan
                                          -    Siswa diajak ke ruang ibadah untuk mendemonstrasikan gerakan salat, yang dicontohkan guru
                                          -    Siswa dibagi menjadi 8 kelompok Kel. I – VIII mendemonstrasikan gerakan salat dan takbiratul ihram sampai salam.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa maju satu persatu mendemonstrasikan gerakan salat yang diperintahkan oleh guru.
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan
                                                               
                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    15
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    9.1 Mencontoh gerakan salat
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Hafal gerakan salat dari Takbiratul ihram  sampai salam
                                                      - Menirukan gerakan salat yang dicontohkan guru
                                                                -   Mempraktekkan gerakan salat dari Takbiratul ihram sampai salam
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menjalankan salat 5 kali
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Gerakan salat
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Siswa mengamati gambar gerakan salat, guru  menanyakan nama gerakannya.
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa dibawa ke Ruang Ibadah untuk mendemonstrasikan gerakan salat
                                          -    Setelah guru menggali pengalaman sisa dalam mendemonstrasikan gerakan salat, ternyata gerakan yang tingkat  kesulitannya tinggi adalah gerakan duduk iftirasy dan duduk tawaruk, maka guru memberi contoh, siswa mengamati kemudian menirukan.
                                          -    Semua siswa mendemonstrasikan gerakan duduk iftirasy dan tawaruk berulang-ulang sehingga semua siswa mampu mencontoh gerakan salat dari Takbiratul ihram sampai salam dengan gerakan yang benar.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Beberapa siswa satu persatu mendemonstrasikan gerakan salat duduk iftirasy dan duduk tawaruk.








IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan
                                                               


                                                                                              Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                                                                                               
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    1
Minggu ke                                          :    16
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    9.2 Mempraktikkan  salat secara tertib
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Mempraktikkan salat dengan tertib
                                                                -   Menserasikan antara gerakan dan bacaan
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menjalankan salat 5 kali
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Keserasian gerakan dan bacaan salat dengan tertib (Praktik salat subuh)
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Pembiasaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Tanya jawab tentang jumlah rakaat salat subuh, waktu pelaksanaan dan siswa yang mengerjakan  salat subuh
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa dibawa ke Ruang Ibadah untuk mempraktikkan salat subuh
                                          -    Siswa dibagi menjadi 4 shaf, kemudian guru memberi contoh cara menyusun shaf yang benar dan siswa memperhatikan
                                          -    Siswa mempraktikkan salat subuh dengan menserasikan antara gerakan dan bacaan
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Setiap shaf mempraktikkan salat subuh  dengan menserasikan antara gerakan dan bacaan, siswa yang lain memperhatikan
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan
                                                                                                Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    2
Minggu ke                                          :    17
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    9.2 Mempraktikkan  salat secara tertib
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Mempraktikkan salat dengan tertib
                                                                -   Menserasikan antara gerakan dan bacaan
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menjalankan salat 5 kali
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Keserasian gerakan dan bacaan salat dengan tertib (praktik salat dhuhur)
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Pembiasaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Tanya jawab tentang jumlah rakaat salat dhuhur, waktu pelaksanaan dan siswa yang sering mengerjakan salat dhuhur
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa dibawa ke Ruang Ibadah untuk mempraktikkan salat dhuhur
                                          -    Siswa dibagi menjadi 4 shaf, kemudian guru memberi pengarahan serta contoh cara berdiri yang benar dan siswa menirukan
                                          -    Siswa mempraktikkan salat dhuhur dengan menserasikan antara gerakan dan bacaan
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Shaf 1-4 menghafalkan doa tasyahud dan shalawat dengan bacaan dan mahraj yang benar
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan
                                                                                             Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                                               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    3
Minggu ke                                          :    17
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    9.2 Mempraktikkan  salat secara tertib
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Mempraktikkan salat dengan tertib
                                                                -   Menserasikan antara gerakan dan bacaan
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Membiasakan siswa menjalankan salat 5 kali
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Keserasian gerakan dan bacaan salat dengan tertib(praktik salat maghrib)
III.                                                      Metode Pembelajaran  :           Pembiasaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Tanya jawab tentang jumlah rakaat salat maghrib, waktu pelaksanaan dan siswa yang terbiasa mengerjakan salat maghrib
      b. Kegiatan Inti      :    -    Siswa dibawa ke Ruang Ibadah untuk mempraktikkan salat maghrib
                                          -    Siswa dibagi menjadi 4 shaf, kemudian guru memberi pengarahan serta contoh cara mengerjakan salat maghrib
                                          -    Siswa mempraktikkan salat maghrib dengan menserasikan antara gerakan dan bacaan
                                          -    Guru menggali pengalaman siswa dalam mempraktikkan salat maghrib untuk diberi bimbingan selanjutnya
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Siswa maju satu persatu untuk menghafalkan doa tasyahud dan shalawat
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat
VI. Evaluasi                                       :    Tes Lisan, Tes Perbuatan
                                                                                                Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027
                                                          
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                   :    PAI
Kelas / Smt                                         :    II / 2
Pertemuan ke                                     :    4
Minggu ke                                          :    13
Alokasi waktu                                    :    3 jam pelajaran
Standar Kompetensi ( SK )                :    9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar ( K D )                 :    9.1 Mencontoh gerakan salat
                                                                        9.2 Mempraktikkan  salat secara tertib
Indikator                                            :    Siswa mampu:
                                                                -  Menjawab soal evaluasi
I. Tujuan Pembelajaran                      :    Siswa menguasai pelajaran yang sudah diberikan guru
II. Materi  Ajar / Pokok                    :    Mencontoh gerakan salat dan mempraktikkannya secara tertib
III.                                                      Metode Pembelajaran  :          
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   :   
      a. Kegiatan Awal   :    Guru mejelaskan cara mengerjakan soal
      b. Kegiatan Inti      :    Siswa menjawab soal evaluasi hal.
      c. Kegiatan Akhir   :    -    Guru mengadakan pembahasan, menilai, mengadakan perbaikan dan pengayaan
IV. Alat dan Sumber Belajar             :    Buku Pendidikan Agama Islam Kelas II SD  Terbitan PT Erlangga&Sahabat

VI. Evaluasi                                       :    Tes tertulis


                                                                                                Semanu,  
                            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD N Mijahan I                                            GPAI



              JOKO SURYANTO,M.Pd.                                        MUDIYONO
               NIP.19710727 199308 1 002                                       NIP.19790606 200801 1 027




Tidak ada komentar:

Posting Komentar