Minggu, 30 Januari 2011

LARANGAN DALAM SHOLAT


HAL-HAL YANG TERLARANG DALAM SHOLAT

1.       Berbicara kecuali mengingatkan imam yang lupa.”Sesungguhnya sholat itu tidak pantas dimasuki berbicara yang lain kecuali tasbih,takbir.”(HR Bukhori).
2.       Berpaling sehingga memutar leher kebelakang.(HR ahmad abu Daud:”Alloh tidak akan menerima sholat orang yang tengak tengok”).
3.       Melihat ke atas. (HR Bukhori:”……. Diancam kena sambar”).
4.       Berdiri sambil goyang-goyang. (“Apabila sedang sholat hendaklah tenang,jangan goyang-goyang seperti yahudi” HADITS).
5.       Berdiri sambil berkacak pinggang. (HR Bukhori:”Rosululloh melarang sholat sambil kacak pinggang” & HR Ibnu Hibban:”Berkacak pinggang adalah istirahatnya para penghuni neraka”).
6.       Mengambil sesuatu yang menempel didahi/muka. (HR Tirmidzi:”jangan mengusap dahi dalam sholat kalau terpaksa satu kali saja,ini adalah godaan syaithan, 7 hal dalam sholat berasal dari godaan syaithan:mimisan,kantuk,was-was,menguap,gatal-gatal,berpaling dan mempermainkan sesuatu”)
7.       Meludah kekanan,kedepan. (HR Muslim:”….Alloh Swt berada dihadapannya maka janganlah seseorang dari kami meludah didepannya/pun disamping kanannya,akan tetapi jika terpaksa,boleh disamping kiri/dibawah kaki kirinya,jika ia merasakannya secara mendadak,bolehlah meludah dibajunya,kemudian menggosok-gosoknya…”)
8.       Mencotok-cotk dalam ruku sujid(seperti ayam mematok makanan cepat)serta dduk seperti duduknya anjing.
9.       Menguap. (HR Tirmidzi , lihat nomer 6).
10.   Membunyikan ruas-ruas jari. (HR Ibnu Majjah:”janganlah kamu membunyikan ruas-ruas jarimu ketika sedang sholat”)
11.   Membalik/membuka selaput tangan ketika salam. (Hadits:”……. Seperti kuda yang tidak mau berhenti”).
12.   Sujud seperti onta duduk/berjongkok. ( menurut Abdil Barr:”para ahli hadits mengartika berjongkok yang terlarang adalah duduk diatas kedua tumit kakinya yang diberdirikan”)
13.   Menurunkan kain sampai mata kaki/ISBAL,menutup mulut/bercadar. (HR Abu Daud&ibnu Majjah:”Menutup wajah dan sebagainya adalah kebiasaan orang-orang jahiliyah,ini dapat mengganggu dalam gerakan sujud/membaca.”&”Menurunkan kain sampai bawah mata kaki/sombong adalah neraka.”
14.   Memakai sajadah yang bergambar. (keterangan:”…Rosululloh pernah dikasih saladah bergambar tetapi tidak mau.”)
15.   Laki-laki dilarang mengikat rambutnya kebelakang. (HR Ahmad&Ibnu Majjah:”Rosululloh melarang laki-laki sholat mengikat rambutnya kebelakang”)
16.   Membelitkan tangannya kepundak. (HR Ahmad,Ibnu Hibban,Al Hakim:”Larangn menyilangkan jari kedua tangan”)
17.   Membaca ayat Al-Qur’an dalam ruku dan sujud. ( keterangan dalam HR Ahmad, Muslim,Nasa’i).
18.   Sholat menahan hajat.{lapar,kencing,beol,kentut dll} (HR Bukhori Muslim:”Apabila diserukan sholat isya sedang ‘asya’/makan malam telah siap maka dahulukan asya’ sebelum ‘isya’ kecuali jika waktu sholat tinggal sedikit/hatinya mantap tidak terpengaruh”)
19.   Sholat menahan kantuk yang sangat. (HR Bukhori:”kita disuruh tidur dulu ketika menahan kantuk bila mau sholat, sehingga biar tahu apa yang dibaca”)
20.   Sholat dengan hati yang lalai. (Hasan Albisri:”setiap sholat yang dikerjakan tanpa hadirnya hati lebih dekat kepada hukuman Alloh” dalam keterngan lain:”Alloh tidak melihat sholat yang tidak menghadirkan hati dalam sholatnya.”
21.   Shlolat sunat ketika sudah Iqomah. (Hadits:”jika telah didirikan sholat fardhu maka kita tinggalkan/memotong sholat sunat.”)
22.   Ketika matahari terbit,tenggelam. (Hadits:”Kita dilarang sholat ketika matahari terbit,diatas kepala,dan tenggelam”)
23.   Tidak ada sholat ba’diyah ‘asar.
24.   Sholat dilarang di 7 tempat:tempat buang kotoran,tempat penyembelihan binatang,kuburan,tengah jalan,pemandian,penyencangan binatang,diatas ka’bah.
25.   Menempelkan kaki yang satu dengan yang lain waktu berdiri(Al Ghozali)
26.   Berdiri diatas satu kaki(Al Ghozali-Asrorussholah).
27.   Memasukkan kedua tangan kedalam baju,gamis,mantel dsb. Ketika berdiri,ruku,sujud.Hal ini terlarang karena menyerupai orang-orang yahudi(Al Ghozali dlm Asrorussholah)
28.   Mengangkat pakaian(sarung celana dsb)ketika hendak sujud baik dari arah depan/belakang.(HR Bukhori Muslim,Ahmad dll).
29.   Menyibak-nyibakkan rambut bagi laki-laki. (HR Bukhori Muslim,Ahmad,Abu Daud,Nasa’I,Ibnu Majjah:”Aku diperintahkan sujud diatas 7anggota tubuh dan tidak menyingkap pakaian/rambut……”)
30.   Menyambung  bacaan alfatihah dan takbiratul ihromserta arti ruku dan bacaansurat harus diam sejenak/tumaknnah,selain juga mengucapkan salam setelah salam imamnya(Asrorusholah-Imam Ghozali).
31.   Memulai sholat dalam keadaan cemberut/marah.
32.   Ulama’ salaf:”4 hal yang tidakpatut dilakukan dalam sholat:berpaling,mengusap muka,mempermainkan batu kerikil ditempat sholat,&sholat ditempat lalu lintas orang”)
33.   Memasukkan kedua tangan diatas paha ketika ruku’( keterangan beberapa sahabat).
34.   Makruh meniup tanah ditempat hendak sujud.(HR Athobroni).
35.   Memindahkan kerikil dsb. (sunan Abu Daud).
36.   Mengangkat satu kaki & meletakkannya diatas paha/bersandar pada dinding. (Imamul Haramain).
37.   Makmum mendahului/menyamai gerakan imam. (HR Bukori Muslim:”tidaklah orang yang mengangkat kepalanya sebelum imamnya merasa takut bahwa Alloh Swt akan mengubah kepalanya menjadi kepala keledai”).




WALLOHU A’LAM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar